5 Persiapan Sebelum Kuliah di China

Apakah kamu tengah mencoba kuliah di negeri tirai bambu China? Sudah tahukah bagaimana sistem kuliah di sana hingga bagaimana menghadapinya?

Ada pepatah yang menyebutkan, “Belajarlah hingga ke negeri China”. Apakah negara China memang memiliki pendidikan yang sebagus itu sampai kita harus mengejar pendidikan ke sana? Betul. Karena memang di China sendiri memiliki pendidikan yang tidak main – main. Banyak kampus asal China yang masuk ke dalam jajaran Universitas terbaik di dunia.

Tapi sebelum berencana mengenyam pendidikan di sana, apakah kamu tahu sistem kuliah di China? Nah, untuk mempermudah kamu berikut adalah cara mudah untuk kamu yang masih dalam tahap beradaptasi di China.

Persiapan Hidup dan Kuliah di China

1. Cari Info Mengenai Perhitungan Hidup

Pertama kamu harus tahu bagaimana biaya hidup disana. Masing – masing mahasiswa yang ada di China biasanya memiliki standar yang kurang lebih sama. Atau mungkin kamu berpikir untuk bertahan hidup di China sulit? Mungkin kamu mendengar bahwa biaya hidup di negara tersebut cukup berat.

Jika iya, berati selama ini kamu mendengar kabar burung yang tidak jelas asal usulnya. Meski China merupakan sebuah negara maju dan bahkan disegani oleh seluruh dunia, biaya hidup di China dapat dikatakan cukup murah. Perhari jika melakukan pengeluaran normal, paling tidak kamu hanya membutuhkan biaya sekitar 21 – 30 ribu perharinya. Lebih murah jika dibandingkan dengan makan sehari – hari di Jakarta.

2. Kenali Budaya Akademisnya

5 Persiapan Sebelum Kuliah di China1

Jika di Indonesia memiliki sistem pendidikan yang merupakan perpaduan antara Komunis – Liberal. Berbeda dengan di China, karena di negara ini murni komunis dan menjunjung tinggi buaday ke Timuran. Jadi kamu harus lebih sopan kepada yang lebih tua. Selain itu mahasiswa di China dikenal memiliki harga diri yang tinggi, itulah kenapa nenek moyang kita mengatakan untuk belajar hingga ke negara tirai bambu tersebut.

Tetapi meski di China serba Komunis, mereka merupakan orang yang sangat toleran dengan agama lainnya. Bagi mereka dari manapun asalmu layak untuk diakrabi. Namun pembicaraan mengenai agama di China sangatlah minim.

3. Bekerja sambil Kuliah?

Berbeda dengan negara Singapura, di China mereka tidak melarang mahasiswa untuk belajar sambil bekerja. Kalau kamu memiliki kemampuan dan waktu, kamu dapat bekerja sambil kuliah. Selain itu jika kamu memiliki skill dalam berbahasa Inggris, maka hal itu akan mempermudahkan kamu untuk diterima part time. Karena di sana sangat membutuhkan tenaga kerja yang memiliki skill bahasa Inggris.

Untuk bekerja sambil kuliah, kamu tidak membutuhkan izin khusus baik ke Indonesia atau ke pemerintah China. Jadi lebih memudahkan kamu untuk mencari pekerjaan part time di sana.

4. Jenjang Pendidikan, Biaya, dan Waktu Belajar.

5 Persiapan Sebelum Kuliah di China3

Jenjang pendidikan yang ada di China sama dengan di Indonesia atau bahkan negara lainnya, ada Diploma, S1, S2, dan S3. Durasi untuk sarjana itu dapat ditempuh selama 4 tahun. Dapat juga lebih cepat atau lebih lambat. Semua ini tergantung dengan kemampuan kamu dalam menyelesaikan SKS dan tugas akhir kuliah.

Pendidikan di China terkenal mandiri dan juga tanpa kompromi, jadi kamu tidak dapat melakukan yang namanya menyontek di negara ini.

Lalu jika membandingkan biaya kuliah dengan negara lain, di China rata – rata lebih murah. Pertahunnya hanya membayar kira – kira 25 juta sampai 45 jutaan. Namun jika kamu memilih memasuki Universitas unggulan, pastinya biayanya dapat mencapai 50 jutaan pertahun.

5.Terdapat Beasiswa, kah?

5 Persiapan Sebelum Kuliah di China3

Tentu saja ada, biasanya memang untuk tahun – tahun pertama masih menggunakan biaya sendiri. Namun tahun berikutnya, kamu dapat mengajukan beasiswa. Terdapat 2 beasiswa populer, yaitu Skema Studi dan AUN. Bukan hanya dari pemerintah saja, terdapat juga dari organisasi yang bernama The China Scholarship Council.

Belajar di China itu menyanangkan, mungkin hanya bahasa yang menjadi tantangan tersendiri saat kuiah di sana. Jadi pelajari bahasa Mandarin dengan baik, ya sebelum mencoba melangkah lebih jauh untuk kuliah di China. Jia You!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *