Beasiswa Menarik ke China

Kini semakin mudah rasanya untuk mendapatkan beasiswa gratis di manapun itu asal ada kemauan, termasuk ke China. Semakin banyak warga Indonesia yang melanjutkan pendidikannya ke China dengan berbagai program, ada yang membayar biaya sendiri, ada juga yang mendapatkan beasiswa gratis.

Beasiswa yang bisa didapatkan pun bervariasi , sesuai dengan program yang ditawarkan. Biasanya beasiswa ini ditawarkan bukan hanya dari suatu institusi saja, ada juga dari pemerintah daerah bahkan dari universitasnya sendiri.

Jenis beasiswanya ada yang full beasiswa ada juga yang parsial. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, ada yang mengajukan syarat untuk setidaknya bisa berbahasa Mandarin. Tetapi tenang saja, karena ada juga beasiswa yang setidaknya meminta calon pelamar untuk bisa berbahasa Inggris.

Cara Applynya pun kini juga semakin dipermudah, bisa dengan menggunakan internet, isi blangko dokumen, dan kemudahan lain.

Jika ingin melalukan pelamaran, perhatikan dulu beasiswa yang ingin diapply, karena berbeda-beda. Seperti jika ingin mengambil program master dan doktoral, harus bisa berbahasa Mandarin.

Bisa juga melakukan kursus dulu selama 1-2 tahun sebelum memulai belajar di perguruan tinggi.

Di Indonesia sendiri, terdapat salah satu universitas di Yogyakarta yang bekerja sama dengan Universitas di China, yaitu SIAS International University. Mereka setiap tahunnya akan saling bertukar pelajar.

Dari China mereka akan mengirimkan pelajarnya untuk belajar di Universitas Yogyakarta tersebut dan dari Yogyakarta akan mengirimkan mahasiswa mereka untuk belajar di sana.

Beasiswa yang diberikan pada kesempatan tersebut adalah beasiswa partial, di mana mereka akan memberikan kebebasan biaya bagi mahasiswa tersebut untuk 1 tahun berkuliah di sana dan tidak membiayai biaya hidup juga tiket pesawatnya.

Yang menarik, di sana para mahasiswa akan mempelajari berbagai hal baru. Seperti misalnya mempelajari budaya, bahasa, sampai ke sejarah tentang negari tirai bambu tersebut. Pengalaman baru itu tentunya akan menjadi hal yang tidak akan pernah dilupakan.

Ada juga jenis beasiswa yang diberi nama Chinese Cultural Camp di Beijing yang diberikan ke mereka yang sudah bisa dengan fasih berbahasa mandarin.

Tujuannya adalah untuk bisa memperkenalkan budaya China lebih mendalam kepada seluruh dunia. Pertukaran budaya juga akan menjadi ajang menyenangkan di sini.

Ini tergolong beasiswa penuh yang akan membiayai mereka yang ikut program ini tiket pesawat sampai ke kegiatan di sana. Mereka pun akan diberikan uang saku dan visa diurus oleh pihak sana.

Jika sudah mengambil kuliah di Indonesia, tidak perlu khawatir, karena program ini akan dilakukan ketika sedang liburan.

Kesempatan berharga ini hanya akan diberikan kepada 4 orang saja dan berlangsung selama 10 hari. Selama 10 hari itu kita dapat mempelajari budaya China seperti Chinese Opera dan masih banyak lainnya.

Nah, itulah beberapa beasiswa menarik yang bisa kamu ikuti jika penasaran dengan budaya China. Tidak ada salahnya untuk mengikuti program-program tersebut, karena meski hanya sesaat tetapi banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari sana.

Sering-seringlah untuk mencari informasi mengenai beasiswa agar kamu bisa memiliki kesempatan untuk daftar dan siapa tahu bisa beruntung mendapatkan kesempatan pergi ke China dengan beasiswa.

Untuk informasi mengenai beasiswa tersebut, bisa kunjungi web universitas tujuan. Selain itu bisa juga mencarinya melalui web-web yang memang menyajikan informasi mengenai beasiswa-beasiswa yang ada di luar negeri.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *