Beasiswa penuh di China

Beasiswa penuh di China

Saat ini China merupakan Negara yang diperhitungkan di kancah internasional dalam banyak bidang. Salah satu bidang yang menjadi perhitungan adalah pendidikan mereka. Tapi sayangnya bagi sebagian orang, untuk dapat melanjutkan sekolah di China bukan hal yang mudah. Hal ini terhalangi dengan biaya yang cukup tinggi untuk menempuh pendidikan di China.

Tenang, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba melanjutkan pendidikan di China, kini Anda dapat mencari beasiswa. Bahkan beasiswa ini disediakan setiap tahunnya oleh pemerintah Negara China, loh.

Nama beasiswa ini adalah China Government Shcolarship atau CGS. CGS merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah China kepada pelajar Internasional. Bagi Anda yang tertarik untuk menempuh studi S1, S2, S3, atau bahkan yang ingin melakukan penelitian di China, dapat mencoba mengambil peruntungan tersebut.

Ada berbagai macam beasiswa yang disediakan, baik yang full beasiswa atau yang parsial. Hal ini tergantung dengan bagaimana mendaftar beasiswa ini. Kalau melalui kedubes China yang ada di Jakarta, maka Anda dapat mendapatkan beasiswa full atau parsial. Namun kalau mendaftar secara langsung ke universitas yang akan dituju, maka hanya ada jenis beasiswa full scholarship.

Beasiswa ini meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, asuransi kesehatan, buku, dan juga uang saku. Sedangkan untuk beasiswa yang Partial, hanya meliputi satu atau bahkan beberapa beasiswa yang ada di atas.

Durasi untuk mendapatkan beasiswa ini berbeda – beda, sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih. Untuk sarjana, jenjang masa tempuh beasiswa antara 4 – 5 tahun, untuk Master, antara 2 – 3 tahun, sedangkan untuk Doktor antara 3-4 tahun.

Berikut ini beberapa jenis beasiswa luar negeri dari Pemerintah China yang tercakup di CGS.

Chinese Government Scholarship

1.Chinese Government Scholarship – Bilateral Program

Maksud dari beasiswa Bilateral adalah program kerja sama antara 2 negara, yaitu China dengan Negara yang bersangkutan. Beasiswa ini penuh dan parsial, tergantung dengan perjanjian yang ada antara 2 pemerintah.

2.Chinese Government Scholarship – Great Wall Program

Ini merupakan beasiswa penuh dari Uniter Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk bisa mensponsori peneliti baik yang baru atau senior untuk dapat melanjutkan kuliah di China. Bagi yang ingin mendapatkan beasiswa dari program ini langsung dapat mengajukan berkas ke perwakilan UNECSO di Negara asal.

3.Chinese Government Scholarship – Chinese University Program

Universitas yang ada di China juga turut memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa Internasional. Namun program ini hanya dikhususkan bagi mereka yang mengikuti program Pascasarjana dan Doktor saja. Jika tertarik pelamar langsung dapat mengajukan berkas beasiswa kepada Universitas yang dituju.

4.Chinese Government Scholarship – AUN Program

AUN adalah ASEAN University Network, beasiswa ini ditujukan bagi yang ingin melanjutkan study S2 di dan S3. Beasiswa ini memiliki tujuan untuk dapat mempererat hubungan antara China dengan Negara – Negara ASEAN lainnya. Jika pelamar tertarik untuk mengajukan program beasiswa di AUN, maka dapat menghubungi kantor secretariat AUN.

5.Chinese Government Scholarship – WMO Program

Yang terakhir ada WMO, merupakan beasiswa parsial yang akan diberikan kepada pelamar Studi Sarjana atau Pascasarjana. Beasiswa ini dibatasi untuk mereka yang ada di bidang kajian hidrologi, mereorologi, dan juga pengawasan dan manajemen sumber daya air di China.

Beasiswa yang ada dapat meliputi biaya kuliah, asuransi kesehatan, akomodasi, dan juga lain sebagainya. Jika tertarik untuk mengikuti program ini, dapat menghubungi kantor secretariat WMO.

Jadi apakah Anda tertarik untuk melanjutkan Study di China?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *