Beasiswa Program Bilateral Tiongkok

Jika kamu berniat berkuliah di Tiongkok, cobalah untuk menggunakan Beasiswa Chinese Government Scholarship – Great Wall Program!. Sama seperti Negara lainnya yang ingin memajukan negaranya dalam bidang pendidikan, Pemerintah Tiongkok juga melakukan hal yang serupa. Mereka juga menyediakan banyak beasiswa untuk pada mahasiswa baik lokal maupun internasional di negaranya.

Salah satu program yang mereka tawarkan adalah Program Bilateral. Beasiswa ini terdiri dari beasiswa penuh dan juga sebagian, didirikan oleh MOE sesuai dengan perjanjian pertukaran di bidang pendidikan atau MOU antara Pemerintah Tiongkok dan juga Negara lain.

Yukm kita kenali lebih dalah tentang beasiswa satu ini.

Program Bilateral Tiongkok

Program bilateral merupakan program yang mendukung sarjana, master, doctor, sarjana umum, dan juga sarjana senior. Kalau ingin mengajukan beasiswa, konsultasilah terlebih dahulu dengan pihak terkait, seperti misalnya kedutaan besar Tiongkok mengenai program studi yang ada.

Jika kesulitan dalam belajar bahasa baru, beberapa universitas di Tiongkok ada kelas berbahasa Inggris, jadi akan lebih membantu kamu dalam mengikuti pelajaran yang ada di sana.

Durasi yang nanti akan ditempuh dalam melakukan program ini, tergantung dari jurusan pilihan utama, persiapan berbahasa Mandarin, dan seperti apa ditentukan pada surat penerimaannya.

Banyak loh keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari program beasiswa ini. Seperti kamu akan dibebaskan biaya kuliah, pendaftaran, biaya percobaan laboratorium, magang, dan sampai ke buku pelajaran dasar untuk keperluan kamu kuliah.

Ada juga akomodasi berupa asrama kampus yang dapat digunakan secara gratis. Kamu juga akan mendapatkan uang tunjangan bulanan selama menerima beasiswa ini. Kesehatan juga akan terjamin karena ada pelayanan medis rawat jalan dan juga asuransi kesehatan untuk para mahasiswa Internasional di Tiongkok.

Namun untuk bisa mendapatkan beasiswa ini dibutuhkan beberapa ketentuan. Lakukanlah pengajuan aplikasi pada pihak terkait. Biasanya mereka menetapkan deadline dari Januari hingga April.

Untuk bisa memenuhi persyaratan, para pelamar harus bukan merupakan warga Negara Republik Rakyat Tiongkok, dan juga memiliki kesehatan yang baik. Merupakan lulusan SMA atau sederajat dan masih berusia dibawah 25 tahun ketika mengajukan program sarjana.

Jika ingin mengajukan program master, wajib merupakan sarjana berumur dibawah 35 tahun ketika melamar program ini. Sedangkan untuk mengajukan program doktor, harus setidaknya telah menyelesaikan 2 tahun program studi sarjana ketika sedang melamar program sarjana umum. Terakhir memiliki gelar master atau professor dan masih berusia di bawah 50 tahun ketika melamar.

Berikut ini adalah cara untuk mengajukan aplikasi :

• Pelamar berkonsultasi dengan pihak terkait mengenai rincian dan persyaratan pengajuan aplikasi beasiswa Program Bilateral dan mengajukan permohonan beasiswa sesuai persyaratan.

• Setelah direkomendasikan oleh pihak yang berwenang, calon penerima beasiswa harus menghubungi universitas pilihan mereka untuk mendapatkan Surat Pendaftaran.

• Calon yang direkomendasikan harus menyelesaikan prosedur aplikasi online di Sistem Aplikasi CSC Online untuk Mahasiswa Internasional. Kunjungi www.csc.edu.cn/laihua atau www.campuschina.org dan klik Aplikasi Online untuk Mahasiswa Internasional, lalu melengkapi informasi yang diperlukan, menyerahkan secara online Formulir Permohonan Beasiswa Pemerintah Tiongkok yang telah dilengkapi dan mencetak hardcopy-nya.

• Berkas dokumen aplikasi lengkap harus diserahkan jadi satu kepada pihak yang berwenang di negara asal pelamar beasiswa sebelum batas waktu yang ditentukan. (Silakan cek Dokumen Aplikasi untuk daftar yang lebih rinci).

• CSC tidak menerima aplikasi individu selain aplikasi yang direkomendasikan dari pihak berwenang yang mengirimkan berkas. Calon dengan Surat Pendaftaran dari universitas akan ditempatkan di universitas yang dituju; sedangkan mereka yang tidak memiliki Surat Pendaftaran harus mengikuti sesuai penempatan CSC.

Semoga informasi ini membantu untuk kalian dalam mengajukan beasiswa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *