Fakta Mengenai Tiongkok

Siapa yang tidak tahu Tiongkok? Negara ini merupakan negara yang memiliki penduduk paling banyak di dunia. Selain itu Tiongkok juga merupakan negara yang perekonomiannya berkembang dengan sangat cepat. Kita bahkan bisa dengan mudah menemukan produk asal Tiongkok di pasaran.

Karena di Tiongkok banyak sekali pabrik – pabrik industri, polusi menjadi hal yang tidak terelakkan lagi di sana. Sehingga kita wajib mengenakan masker untuk menghindari polusi. Tapi selain itu ada fakta apa lagi, ya mengenai Tiongkok? Nah, sebelum memutuskan untuk kuliah di Tiongkok, cobalah untuk memahami hal – hal menarik seputar Tiongkok berikut ini.

Fakta Tiongkok untuk Para Mahasiswa

1.Bisa Hidup Tanpa Mandarin!

Jika dulu yang menakutkan saat hendak pergi ke Tiongkok adalah bahasanya yang sulit dipahami dan orang – orang lokal yang tidak bisa berbahasa Inggris, kini itu bukan lagi merupakan masalah besar. Karena kini orang – orang Tiongkok sudah banyak yang bisa berbasa Inggris.

Ini disebabkan oleh kurikulum yang ada di Tiongkok sudah memberikan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa utama pada pendidikan mereka. Jadi jangan khawatir ketika bahasa Mandarin kamu belum lancar.

Tapi tentunya kamu masih wajib untuk bisa berbahasa Mandarin, karena saat berkuliah kamu akan bertahun – tahun di Tiongkok, sehingga harus membiasakan diri dengan bahasa Mandarin di negara ini.

2.Banyak Barang Impor

Meski Tiongkok dikenal sebagai negara yang dapat memproduksi segalanya sendiri, jangan sekali – kali berpikiran kalau sulit untuk bisa menemukan barang luar negeri memasuki Tiongkok. Karena faktanya banyak perusahaan dari merek terkenal yang menjual dagangan mereka di mall – mall mewah Tiongkok.

Jadi jangan khawatir akan kesulitan menemukan barang – barang branded di Tiongkok. Ada juga supermarket yang membuka cabang mereka di Tiongkok, seperti Hypermart, Carrefour, dan supermarket lainnya.

3.Tempat Makan Internasional

Jika bosan dengan Chinese food, di Tiongkok juga banyak, loh makanan – makanan western food seperti yang biasa kita temui di Indonesia. Selain itu jika tidak terbiasa dengan makanan di Tiongkok, bisa mencoba untuk makan di restoran cepat saji seperti McDonal’s, Subway, Dairy, dan masih nanyak tempat lain.

Bagi yang muslim, jangan khawatir karena kini semakin banyak tempat makan di Tiongkok yang tidak menggunakan babi dalam olahan masakan mereka.

4.Banyak Mahasiswa Internasional

Tentunya jika berkuliah di Tiongkok, akan menemukan suasana dan teman baru. Namun terkadang sulit untuk bisa langsung berteman dengan warga lokal di sana. Nah, bisa dimulai dengan berteman dengan orang yang sama – sama merupakan mahasiswa Internasional.

Banyak mahasiswa Internasional yang berada di Tiongkok, karena pemerintah negara tersebut sangat gencar melakukan promosi ke berbagai negara mengenai program yang mereka miliki.

Tapi jangan lupa untuk mencoba bergaul dengan para mahasiswa Tiongkok, ya!

5.Tiongkok Negara Aman

Aman di sini masuk dalam 2 kategori, pertama mengenai lingkungannya, kedua mengenai isi dompet. Di Tiongkok terdapat banyak polisi yang berjaga – jaga untuk mengamankan negara mereka. Hukum yang ada di Tiongkok sangatlah ketat dan warganya taat. Bagi mereka yang melangga, maka dapat dikenakan sanksi dan denda.

Untuk biaya hidup di sana, negara ini termasuk merupakan negara dengan biaya hidup yang murah. Jangan khawatir mengenai harga barang, makanan, sampai transportasi. Karena pendapatan warga di Tiongkok tidak kurang dari 1 juta pertahunnya, sehingga barang – barang yang ada di sana sangat murah.

Itulah beberapa fakta mengenai Tiongkok yang wajib untuk diketahui jika hendak berkuliah di Tiongkok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *