Fakta Unik Pendidikan di China

China dikenal sebagai negara yang murid – muridnya cerdas, disiplin, dan kompetitif. Semua murid – murid di Beijing, jika sesuai dengan tingkat kemampuan membacanya, mereka berada pada tingkat paling atas kalau dibandingkan dengan negara – negara lainnya. Tingkat literasi anak – anak muda di China bahkan mencapai 99.4%, loh!

Memang cara mengajar di China seperti apa, sih? Mungkin salah satu alasannya adalah sistem pendidikan yang memiliki karakter kuat. Pemerintah China sendiri sangat memperhatikan pendidikan warganya.

Apa saja yang membedakan pendidikan yang ada di China dengan di Indonesia? Untuk kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke China, berikut ini adalah beberapa fakta menarik untuk dijadikan referensi agar bisa mengetahui lebih lanjut mengenai sistem pendidikan yang ada di negeri tirai bambu itu.

Fakta Pendidikan di China

1.Pemanasan Setiap Hari

Jika di sekolah, apa yang setiap pagi kamu lakukan? Biasanya sekolah – sekolah yang ada di Indonesia langsung memulai pembelajaran. Padahal biasanya keadaan murid masih mengantuk dan sulit untuk bisa menerima pelajaran masuk ke otak.

Nah, kalau di China, setiap paginya mereka melakukan pemanasan dan mengikuti instruksi guru. Tujuannya agar tubuh menjadi lebih sehat dan juga lebih semangat untuk bisa menjalani hari.

Pemanasan biasanya tidak hanya dilakukan satu hari saja, akan ada sesi dua yang dilakukan siang hari. Pemanasan ini biasanya diiringi dengan musik.

2.Bersih – Bersih Sekolah

Kalau yang satu ini di Indonesia juga ada, kita menyebutnya piket. Kalau di China, murid – murid biasanya berkumpul untuk bersih – bersih seluruh sekolah. Mereka dapat menyapu dan mengepel sekolah, membersihkan jendela, lorong, toilet, meja, dan tempat – tempat lainnya. Kegiatan ini memiliki tujuan yang baik, yaitu untuk menjaga kebersihan sekolah bersama agar pembelajaran menjadi lebih nyaman.

3.Belajar Lebih dari 8 Jam

Para siswa di China biasanya memulai pembelajaran pada pukul 7.30 pagi dan pulang pada pukul 4 – 5 sore. Namun setelah itu, biasanya para murid, khususnya SMA, tidak langsung pulang ke rumah. Mereka biasanya akan lanjut belajar untuk mengerjakan tugas hingga pukul 8 – 10 malam. Mereka sangat giat untuk belajar, ya.

Itu karena kompetisi yang ada di China tinggi, banyak orang tua juga yang mendaftarkan anaknya mengikuti les. Selain itu di China peforma akademik sangat menentukan apakah kamu dapat masuk ke perguruan tinggi yang baik atau tidak.

4.Sesi Belajar Mandiri

Di China terdapat sesi belajar mandiri yang dilakukan setelah para siswa pulang sekolah. Ada sekolah yang mewajibkan murid – muridnya untuk melanjutkan pembelajaran di rumah. Selain itu bahkan ada sekolah yang menerapkan sesi belajar mandiri ini pada pagi hari.

5.Jam Tidur Siang

Kalau di Indonesia biasanya murid akan diomeli saat tidur siang, berbeda dengan keadaan murid – murid di China. Mereka malah diminta untuk tidur siang sebentar sebelum mulai kembali melakukan aktivitas pembelajaran. Ternyata budaya ini bukan hanya berlaku di sekolah, tetapi juga berlaku di kantor.

6.Ada Grafik Ranking Harian

Jika di Indonesia biasanya diumumkan setiap semester, kalau di China akan terus di update setiap harinya. Ini memiliki tujuan agar murid – murid memiliki semangat belajar yang lebih kompetitif.

Rangking pada umumnya berdasarkan nilai dan keaktivan murid. Misalnya kalau murid menjawab pertanyaan dengan baik dan benar di kelas, maka ia akan medapatkan bintang. Dan jika mereka berbuat kesalahan, maka bintang akan dikurangkan.

Itulah beberapa fakta unik mengenai sekolah di China, menarik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *