Hal – Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kuliah di Tiongkok

Mungkin kamu memiliki segudang pertanyaan ketika diberikan pilihan untuk berkuliah di Tiongkok. Kami akan membantu kamu untuk mengetahui hal – hal dasar yang setidaknya harus kamu ketahui sebelum pergi ke Tiongkok untuk melanjutkan pendidikanmu.

Ketahui Ini Sebelum Kuliah di China

1.Tempat Populer Untuk Belajar

Program studi di Tiongkok terkadang menawarkan beragam lokasi di kota – kota kecil yang ada di Tiongkok, namun tempat paling populer untuk belajar di negara tirai bambu ini tetap berada di Beijing, Hong Kong, dan Shanghai.

Selain ketiga tempat itu, ada juga Chengdu, Tianjin, dan Kunming. Tiongkok merupakan negara besaryang memiliki wilayah dengan beragam budaya, dialek, dan cara hidup berbeda. Kemana pun kamu pergi, akan menemukan keunikan dan budaya yang berbeda. Jadi pilihlah tempat untuk studi dengan bijak.

2.Biaya Kuliah di Tiongkok

Kuliah di luar negeri terkadang kerap kali dihantui berbagai hal, termasuk biaya untuk berkuliah di sana. Namun kamu bisa berbahagia, karena biaya untuk berkuliah di Tiongkok sangatlah terjangkau. Meski Tiongkok merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia, tapi biaya hidup di Tiongkok cukup murah jika dibandingkan dengan negara – negara yang ada di Barat.

Harga yang lebih rendah akan dengan mudah kamu temukan di daerah pedesaan juga di pasar tradisional. Tapi kamu juga harus berhati – hati ketika berada di sana, apalagi jika wajahmu tidak menunjukkan orang etnis Tionghoa. Karena kerap kali pedagang di sana menaikkan harga untuk para turis.

3.Bidang Studi Populer di Tiongkok

Banyak bidang studi akademik yang umum mahasiswa ambil ketika berkuliah di Tiongkok. Program studi yang biasa diambil itu ada matematika, ekonomi, teknik, ilmu politi,, pengembangan kota, dan juga bahasa Mandarin.

Program – program ini menggabungkan studi akademik dengan beragam pemlajaran bahasa intensif juga peluang budaya yang dalam. Jadi jika kamu merasa khawatir akan terhalang bahasa, jangan takut karena banyak bidang studi yang bisa dipelajari dalam bahasa inggris.

Tapi setidaknya ambil beberapa kelas dasar berbahasa mandarin untuk mendukung bahasa yang akan kamu gunakan sehari – hari di sana. Selain itu bisa juga menjadi media mempelajari lebih banyak tentang budaya yang ada di Tiongkok.

4.Perlukah Pandai Bahasa Mandarin?

Hambatan bahasa merupakan hal yang sangat nyata dan juga semakin menonjol. Sementara untuk universitas besar yang ada di Tiongkok rata – rata menggunakan bahasa mandarin sebagai bahasa pengantar mereka.

Tapi banyak juga dari universitas – universitas ini yang memiiki program internasional untuk menjangkau siswa asing. Bahkan beberapa bidang studi sering kali diajarkan dalam bahasa Inggris.

5.Lakukan Hal Ini Ketika di Tiongkok!

Jika tidak pernah melakukan hal – hal berikut ini ketika di Tiongkok, pasti akan ada yang terasa kurang. Meski tujuan kamu ke Tiongkok untuk belajar, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal – hal berikut ini.

  • Makan Pangsit

Jika kamu penggemar dimsum, cobalah makan langsung dari negaranya! Pangsit yang ada di Tiongkok pastinya memiliki rasa yang berbeda dengan

  • Kunjungi Tembok Besar China

Sepertinya tempat ini memang kunjungan wajib bagi mereka yang tengah berada di Tiongkok. Selain bisa mendapatkan pengalaman baru, berfoto – foto di sini juga akan memperindah feeds Instagram kamu!

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum memilih untuk melanjutkan studi di Tiongkok. Semoga studimu lancar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *