Kuliah di China? Pelajari Bahasa Mandarin, yuk!

Mempelajari bahasa baru memang bukanlah hal yang mudah, apalagi mempelajari bahasa mandarin yang setiap kata memiliki hurufnya tersendiri. Selain itu bahasa Mandarin juga memiliki cara pelafalan yang tidak bisa asal disebutkan, karena beda pelafalan, maka akan berbeda arti juga.

Sebagai pemula, jangan khawatir, karena terdapat cara mudah untuk bisa mempelajari bahasa mandarin dengan mudah. Jadi jangan takut kalau bahasa mandarin itu sulit. Berikut ini adalah cara untuk bisa membantu Anda dalam mempelajari bahasa Mandarin, mulai dari yang dasar sampai cara cepat untuk mempelajarinya.

Cara Mudah Belajar Mandarin

1.Pelajari Hanyu & Pinyin

Hanyu & Pinyin secara harafiah berarti bunyi bersama bahasa. Dalam bahasa Mandarin, Pintin merupakan sebuah sistem romanisasi untuk bahasa Mandarin. Ini digunakan untuk mengalihkan aksara dari yang non-latin, menjadi huruf latin.

Nah, hal paling dasar yang bisa dilakukan untuk pemula dalam mempelajari bahasa Mandari adalah dengan memulai mencoba membaca Pinyin. Selain itu dengan Pinyin, kita bisa melafalkan intonasi yang ada pada huruf Mandarin. Ini juga bisa dilakukan untuk menghindari kesalahan saat membaca huruf mandarin.

2.Pelajari Intonasi

Ada 4 jenis intonasi yang ada di bahasa Mandarin. Keempat intonasi ini akan menentukan arti dari suatu kata. Memang mungkin akan cukup membingungkan bagi yang baru mulai mempelajari bahasa Mandarin, selain itu intonasi dari pelafalan yang diucapkan pada bahasa Mandarin akan memberikan arti tersendiri untuk setiap hurufnya.

Banyak yang memiliki anggapan kalau mempelajari intonasi di bahasa Mandarin merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, sebenarnya jika sering mendengar percakapan berbahasa Mandarin, akan membuat kita menjadi lebih mudah mempelajari bahasa satu ini.

4 intonasi wajib untuk dipahami dalam bahasa Mandarin adalah :

  • Intonasi Datar ( – )
  • Intonasi Naik ( / )
  • Intonasi Memantul ( v )
  • Intonasi Menghentak ( \ )

Jika bingung dengan intonasi yang ada, cobalah untuk mendengarkan percakapan berbahasa Mandarin yang bisa dengan mudah Anda temukan di Internet.

3.Sering Mendengarkan

Cara belajar dasar untuk lebih mengenal bahasa Mandarin adalah dengan mendengarkannya. Bisa dengan meggunakan lagu, menonton film berbahasa Mandarin, bisa juga dengan menonton percakapan bahasa Mandarin.

Ini dilakukan untuk bisa membiasakan diri dengan bahasa Mandarin, jadi semakin familiar. Ini akan membantu Anda semakin mudah dalam belajar bahasa.

4.Melatih Menulis Tulisan Hanzi

Setelah mempelajari cara membaca dan mengucapkan, cobalah untuk melatih kemampuan menulis dalam bahasa mandarin. Ini bisa dilakukan setiap hari agar semakin terbiasa dan tidak lupa dengan arti dan bagaimana penggunaannya di dalam kalimat bahasa Mandarin.

Jika dalam 1 hari setidaknya konsisten mempelajari 5 – 10 kata, maka setidaknya dalam 1 bulan kamu akan mempelajari 150 – 300 kata bahasa Mandarin. Jadi lambat laun kamu akan semakin menguasai bahasa Mandarin dengan baik.

5.Gunakan Sehari – hari

Biasanya kendala orang dalam mempelajari bahasa adalah tidak mereka aplikasikan dengan baik dikehidupan sehari – hari. Dihambat dengan keadaan sekitar yang kurang memahami kita yang memang ingin belajar bahasa.

Nah, jangan malu untuk memulai berbicara bahasa Mandarin. Mungkin memang orang sekitar akan merespon aneh atau mereka juga tidak paham dengan apa yang kita katakan karena kita tinggal di Indonesia.

Atau mungkin bisa juga dengan menghubungi teman di dunia maya untuk membantu mempelancar skill berbahasa Mandarin Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin mempelajari bahasa Mandarin, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *