Sejarah Universitas Tsinghua

Universitas Tsinghua merupakan sebuah Universitas yang terletak di Beijing, China. Universitas yang didirikan pada tahun 1911 ini memiliki moto Disiplin diri dan Komitmen sosial. Universitas ini digambarkan sebagai universitas yang memiliki dedikasi dalam keunggulan akademik, kesejahteraan masyarakat Tiongkok, dan juga dalam pembangunan global. Universitas Tsinghua dengan riset dan pelatihan yang kuat, secara konsisten dapat mendapatkan peringkat sebagai salah satu institusi akademis yang terbaik di negara tirai bambu itu.

Lalu sebelum menjadi seperti sekarang ini, bagaimana sih sejarah dari Universitas Tsinghua ini? Berikut ulasannya

Sejarah Ringkas Universitas Tsinghua

Dampak dari pemberontakan Boxer, Menteri luar negeri Amerika Serikat, John Hay, mengatakan bahwa USD30 juta tambah dengan ganti rugi Boxer yang Tiongkok bayarkan ke Amerika Serikat merupakan hal yang berlebihan.

Setelah melewati banyak proses negosiasi dengan duta Liang Cheng, presiden Theodore Roosevelt memperoleh persetujuan kongres di tahun 1909 untuk bisa mengurangi dari pembayaran ganti rugi Dinasti Qing yang sebesar USD10,8 juta. Syaratnya adalah dana itu nantinya akan digunakan untuk beasiswa bagi mahasiswa Tiongkok yang menempuh pendidikan di Amerika.

Dengan dana ini, Perguruang Tinggi Tsinghua yang ada di sebuah bekas taman kerajaan, didirikan pada tanggal 29 April 1911. Ini berfungsi sebagai sebuah sekolah persiapan bagi mereka para mahasiswa yang nantinya akan belajar di Amerika Serikat.

Lulusannya akan langsung dikirim ke sekolah – sekolah yang ada di Amerika. Di tahun 1925, sekolah ini membentuk departemen perguruan tinggi juga memulai institusi riset di studi Tionghoa.

Lalu pada tahun 1928, Tsinghua berubah menjadi Universitas Tsing Hua Nasional. Selama berlangsungnya perang dunia II tahun 1937, Universitas ini sempat bergabung sementara bersama dengan Universitas Peking dan Universitas Nankai dengan nama Changsha. Tapi setelah perang usai, Tsinghua kembali ke Beijing dan melanjutkan operasinya.

Pada tahun 1949, tepatnya setelah revolusi komunis di akhir perang saudara Tiongkok, memicu terbentuknya Republik Rakyat Tiongkok, Presiden Universitas Tsinghua kala itu Mei Yi Qi dan banyak guru besar lainnya melarikan diri ke Taiwan. Disana mereka mendirikan Institut Teknologi Nuklir Tsinghua Nasional di tahun 1955, kemudian berubah menjadi Universitas Tsing Hua Nasional Taiwan.

Pemerintah Tiongkok mengumpulkan kembali institusi pendidikan tinggi pada tahun 1952 dan berupaya untuk membangun sebuah sistem dengan gaya soviet. Institusi Individu cenderung untuk dapat khusus dalam bidang studi tertentu.

Saat sedang revolusi kebudayaan dimulai tepatnya di tahun 1966, banyak mahasiswa yang memilih untuk meninggalkan ruang kelas. Lalu beberapa diantara mereka kemudian menjadi bagian Pengawal Merah. Hal ini mengakibatkan penutupan penuh dari Universitas di sana.

Laly setelah revolusi kebudayaan pada akhirnya berakhir, tepatnya pada tahun 1978, akhirnya Universitas kembali menerima mahasiswa. Setelah itu Universitas Tsinghua tetap menjadi Universitas di deretan teratas sekolah yang ada di Tiongkok.

Seperti yang bisa dilihat, tidak mudah untuk dapat mendirikan salah satu universitas terbaik di dunia ini. Selain sejarahnya yang menarik dan universitasnya yang terbaik. Cobalah kamu lihat keadaan kampus disana yang sangat indah.

Tedapat taman Xichun, sebuah taman dinasti Qing yang ada di kampus itu. Ada juga He Tang Yue Se tradisional yang menjadi bagian dari kediaman juga taman pangeran di jaman dinasti Qing, letaknya berada di lapangan Universitas Tsinghua.

Semoga informasi ini dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi sejarah Universitas Tsinghua ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *