Sistem Belajar Siswa di China

Setiap negara memiliki sistem belajarnya sendiri. Ada yang belajar dengan memfokuskan pada akademiknya, ada yang lebih berfokus pada kesukaan si anak, dan macam – macam lainnya. China juga merupakan negara yang memiliki generasi muda cerdas. Hal ini ternyata dibantu dengan adanya sistem pendidikan serta sikap dari sebagian besar masyarakat di China yang patuh pada aturan.

Berikut ini adalah beberapa program yang dilakukan oleh pemerintah China agar generasi mereka bisa memimpin dalam hal pendidikan.

Program Pembelajaran Pemerintah China

1.Program Tidur Siang

Program pertama yang membantu para siswa di China untuk menjadi lebih fokus pada pembelajaran mereka di kelas adalah kegiatan tidur siang yang bisa membuat mereka lebih fokus nantinya saat kembali mulai belajar. Setelah melakukan aktivitas tidur siang, mereka akan melanjutkannya pada aktivitas tidur siang. Oh ya, makan siang mereka sudah disiapkan oleh pihak sekolah, loh!

2.Selalu Menghormati Guru

Guru merupakan orang yang paling dihormati oleh para murid di China. Tidak ada murid di China yang berani untuk membantah ucapan atau perintah dari sang guru. Mereka juga akan selalu berlaku sopan saat sedang bersama gurunya. Kebiasaan ini sudah ditanamkan sejak kecil dan mereka juga menanamkan, kalau guru itu sama mulianya dengan orang tua kandung mereka sendiri. Jadi kalau kamu ingin seperti murid – murid di China ini, jangan bantah guru, ya!

3.Hukuman Tegas

Hukuman boleh dilakukan oleh para guru kalau para murid melakukan kesalahan. Jika di Indonesia hukuman fisik bisa menimbulkan masalah yang berat nantinya, di China malah diperbolehkan untuk memukul murid dengan menggunakan alat seperti penggaris. Ini dimaksudkan untuk membuat pada murid menjadi lebih disiplin dan berpikir dua kali untuk melakukan kesalahan lagi kedepannya.

4.Rangking di Tempel di Ruang Kelas

Beberapa murid mungkin akan merasa malu jika mengucapkan ia ranking berapa di kelas kepada teman – temannya. Inilah yang dimanfaatkan oleh sekolah – sekolah di China. Namun niatnya bukanlah untuk menjatuhkan mental dari para siswa, melainkan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat bersaing yang sehat diantara para murid. Selain itu ini bisa membantu mereka agar bisa berusaha menjadi lebih giat.

5.Siswa Belajar Lebih Dari 10 Jam/Hari

Kebanyakan sekolah di Indonesia memulai pelajaran pada jam 7 pagi dan selesai pukul 3 sore, itu juga murid – murid sudah jenuh dengan aktivitas tersebut. Lalu bagaimana dengan siswa di China yang harus belajar lebih dari 10 sehari? Selain sekolah formal, terkadang mereka juga memiliki kelas tambahan. Biasanya mereka bisa selesai belajar setelah jam 9 malam, ketika sudah waktunya untuk tidur.

6.Tidak Semua Sekolah Formal

Sama seperti anak – anak lainnya, beberapa anak di China tidak suka belajar di sekolah dan lebih suka melakukan kegiatan – kegiatan lain. Beberapa orang tua di China biasanya tidak memaksakan kehendak anaknya. Biasanya terdapat beberapa anak di China yang memilih untuk bersekolah kung fu, taichi, dan hal lain. Tetapi biasanya mereka tetap mengambil pelajaran dasar.

Itulah beberapa cara belajar siswa yang ada di China. Negara mereka benar – benar mencari cara terbaik untuk bisa membuat para murid semakin meningkat keinginan untuk belajarnya. Selain itu bukan hanya dalam hal akademik, mereka juga mendukung para siswa yang ingin lebih terfokus pada bidang nonakademik.

Semoga artikel ini bisa membantu yang ingin mengetahui lebih dalam perihal para siswa yang ada di China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *