Universitas di China dengan Jumlah Mahasiswa Indonesia Terbanyak

Anda mungkin sudah familiar dengan kata-kata ‘Tuntutlah ilmu sampai ke China’, kata-kata ini bukan hanya sekedar umpama saja, loh. Karena faktanya, banyak universitas yang ada di China merupakan universitas-universitas terbaik yang ada di dunia. Bahkan, terdapat setidaknya 400.000 lebih mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Tiongkok.

Mahasiswa Indonesia juga banyak yang memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka di negeri tirai bambu ini, setidaknya terdapat 15.000 orang yang belajar di berbagai kampus yang ada di China. Ini menjadikan Indonesia menjadi Negara ke-7 penyumbang mahasiswa asing yang ada di China.

Nah, kampus mana sajakah yang memiliki mahasiswa asal Indonesia terbanyak di China? Berikut ini adalah beberapa universitas di China yang banyak memiliki mahasiswa asal Indonesia.

5 Kampus di China dengan Mahasiswa Indonesia Terbanyak

1.Universitas Tsinghua

Yang pertama adalah Universitas Tsinghua yang memiliki hampir 4000 mahasiswa asing yang di dalamnya termasuk dengan mahasiswa asal Indonesia. Tujuan dari Universitas Tsinghua ini adalah untuk bisa menghubungkan China dengan dunia luar dan mengembangkan solusi inovatif untuk permasalahan yang ada di China.

Ada beragam fakultas di Universitas Tsinghua, beberapa diantaranya adalah Akademi seni, desain, fakultas teknik penerbangan, fakultas arsitektur, fakultas teknik, fakultas humaniora, fakultas hukum, dan masih banyak lainnya.

2.Universitas Peking

Berikutnya ada kampus negeri di Beijing, yaitu Universitas Peking. Kampus ini didirikan di akhir masa dinasti Qing dan merupakan universitas nasional pertama yang ada di Tiongkok Modern. Mereka konsisten untuk memegang rangking teratas perwakilan universitas Tiongkok pada kancah Universitas. Di sini setidaknya terdapat 3500 mahasiswa asing yang juga termasuk mahasiswa Indonesia.

3. University of Science and Technology of China

Pada tahun 1958 di Beijing, berdirilah kampus spesialisasi sains dan teknologi bernama University of Science and Technology of China. Tujuan awalnya adalah untuk menjadi pemenuh kebutuhan akan sains serta teknologi di dalam negeri. Beberapa fakultas yang berada di kampus ini, antara lain ada Ilmu Teknologi Komputer, Ilmu Keinsinyuran, Ilmu Sosial dan Budaya, ilmu kesehatan, ilmu Matematika, dan masih banyak lainnya.

Sesuai dengan namanya, kampus ini memiliki hubungan yang strategis dengan beberapa organisasi internasional, sebut saja International Thermonuclear Experimental Reactor, European Organisation for Nuclear Research, dan juga berpartner dengan kampus-kampus top yang ada di dunia.

4. Universitas Zheijang

Universitas Zheijang adalah salah satu perguruan tinggi tertua yang ada di China. Berlokasi di kota Hangzhou, ada beberapa fakultas yang mereka miliki, seperti seni dan kebudayaan, ilmu komputer, pendidikan, psikologi, klinik dan kesehatan, hukum, bisnis dan ekonomi,  pertanian, biologi, peternakan, dan masih banyak lainnya.

Mereka memiliki kebanggan akan inovasi kebudayaan serta kewirausahaannya. Peneliti serta pengajar yang ada di Universitas Zheijang fokus pada dampak yang akan ditimbulkan untuk masyarakat luas.

5. Universitas Fudan

Terakhir ada Universitas Fudan yang sudah berdiri sejak tahun 1905, merupakan lembaga perguruan tinggi yang dikenal sebagai pengajar aliran modern. Fakultas yang berada di Universitas ini antara lain ada Seni dan Kebudayaan, Kedokteran dan Kesehatan, Psikologi, Ilmu Fisika, Bisnis dan Ekonomi, Pendidikan Ilmu komputer, hukum, teknologi dan keinsinyuran.

Untuk hubungan luar negerinya, universitas ini memiliki kerja sama dengan lebih dari 200 universitas dan lembaga penelitian yang ada di 30 negara dan hubungan partner dengan berbagai universitas terkenal yang ada di dunia.

Nah, itulah beberapa universitas yang bisa menjadi rujukan terbaik untuk mahasiswa yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *