Universitas Terbaik di Cina

Banyak orang yang memilih untuk kuliah di luar negeri, biasanya mereka memilih ke Benua Eropa atau Amerika. Namun di Asia sendiri, banyak Negara yang memiliki universitas terbaik. Salah satu di antaranya adalah Cina. Negara yang terletak di kawasan Asia Timur ini memiliki banyak universitas yang masuk ke dalam jajaran Unversitas terbaik di dunia.

Ada apa saja universitas terbaik di dunia itu? Berikut adalah beberapa Universitas terbaik di Cina yang wajib untuk kamu ketahui.

Daftar Rekomendasi Universitas Terbaik di Cina

1. Tsinghua University 

Tsinghua University

Yang pertama adalah Tsinghua University, salah satu universitas terkemuka di Cina. Bahkan university ini pada QS BRICS University Rangkings 2018 Tshinghua University kini menduduki peringkat pertama. Bukan hanya itu saja, universitas ini juga menempati angka ke 6 dalam jajaran universitas terbaik di Asia dan Untuk peringkat dunia mereka menjadi peringkat ke 33 menurut QS Asia University rangkings serta QS World University Rangkings 2018.

2. Peking University

Peking University

Selanjutnya ada Peking University yang terletak di kota Beijing. Berdasarkan peringkat BRICS, universitas ini menduduki peringkat kedua setelah Tsinghua University. Selain itu universitas ini juga masuk ke dalam jajaran universitas terbaik di Asia dengan menduduki posisi ke 9.

3. Fudan University

Fudan University

Fudan University merupakan sebuah universitas yang terletak di Shanghai. Menurut BRICS universitas ini menduduki peringkat ketiga di Asia dan menduduki peringkat ke 7 versi QS Asia Rangkings 2018. Universitas ini yang didirikan pada tahun 1905 ini memiliki 28.900 mahasiswa yang 3000 diantaranya berasal dari Negara lain.

4. University of Science and Technology of China

University of Science and Technology of China

University of Science and Technology of China terletak di sebuah kota bernama Hefei. Universitas ini berada pada peringkat ke 23 universitas terbaik di Asia versi QS rangkings 2018. Kampus ini berdiri pada tahun 1958 dengan tujuan untuk dapat memperbaiki ekonomi Cina, infrastruktur pertahanan, pendidikan sains, dan juga teknologi. Selain itu University of Science and Technology of China merupakan satu satunya universitas yang mengoperasikan dua laboratorium nasional.

5. Zhejiang University

Zhejiang University

Berikutnya ada Zhejiang University, sebuah kampus tertua di Cina yang sudah didirikan sejak tahun 1897. Kampus yang terletak di Hangzhou ini menduduki peringkat ke 21 universitas terbaik di Asia versi QS Asia University rangkings 2018. Jumlah mahasiswa di Zhejiang University berjumlah sebanyak 48.672 orang dan memiliki koleksi buku perpustakaan hingga 7 juta jilid.

6. Shanghai Jiao Tong University

Shanghai Jiao Tong University

Shanghai Jiao Tong University merupakan universitas yang didirikan pada tahun 1896 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48.866 orang dan terdapat sekitar 2.400 mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Kampus ini menduduki peringkat ke 22 sebagai universitas terbaik di Asia menurut QS Asia University Rangkings 2018.

7. Nanjing University

Nanjing University

Terakhir yang akan kami bahas adalah Nanjing University, sebuah kampus yang memiliki mahasiswa sebanya 33.000 mahasiswa dengan 3.200nya merupakan mahasiswa internasional. Nanjing University sendiri berada pada peringkat ke 26 sebagai universitas terbaik di Asia versi QS Asia University Rangkings 2018.

Jadi bagaimana? Apakah kini kamu lebih mengetahui tentang beberapa kampus terbaik yang ada di Cina? Beberapa kampus ini memang cocok untuk kamu yang ingin memiliki meneruskan pendidikan ke negeri tirai bambu tersebut. Jangan ragu untuk mencoba peruntungan untuk masuk ke beberapa universitas ternama Cina ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *